Sabtu, 24 Desember 2011

Merawat Windows XP

Setelah kita bekerja dengan windows xp/vista untuk beberapa lama baik itu install program, menyimpan program atau menjalankan program di windows. semakin lama akan menambah isi hardisk dan membuat file yang ada dalam hardisk menjadi berceceran. ini dapat mengurangi kinerja windows xp/vista. maka dari itu kita perlu merawat windows agar memiliki kinerja yang baik lagi.
untuk merawat komputer windows xp/vista ini Lakukan perawatan windows xp/vista ini secara reguler setiap 1 bulan atau tergantung kebutuhan lah. merawat komputer windows xp/vista perlu dilakukan agar komputer setelah dipakai sekian lama memiliki kinerja yang baik lagi.
lakukan beberapa hal2 berikut untuk cara merawat komputer windows xp/vista:
merawat 1
Hapus file-file yang tidak perlu
Buang file yang sudah tidak berguna agar tidak memenuhi hard disk…. Oke luangkan waktumu!!!
merawat 2
Hapus program yang nggak penting
Hapus program yang tidak kita perlukan
Berikut ini cara meng-uninstall program:
1. Bukalah control panel (terletak di Start →control panel)
2. pilih Add or remove programs,Pilih program yang tidak kamu butuhkan, lalu klik tombol Remove
merawat 3
Men-Defrag file
1. Klik Start → program → accessories → system tools → disk defragmenter → pilih drive yang ingin didefrag
2. Klik tombol Analyze untuk menganalisa apakah drive perlu didefrag. Kalau perlu ya defraglah.
merawat 4
Disk cleanup
Disk cleanup mendeteksi file yang dianggap aman untuk dihapus
1. Klik Start → program → accessories → system tools → Disk cleanup → pilih drive yang ingin dibersihkan → OK
merawat 5
Rawat windows juga dengan software pembersih registry…….kalo saya pakai tune up utulities…….dengan fasilitas 1 click maintenance nya dan registry clean nya………gunanya membersihkan file2 registry dari file2 program yang invalid. untuk dapat software ini googling aja dengan mengetik kata tune up utulities + keygen
merawat 6
Scan virus
Kamu harus menscan komputer kamu dari virus2 yang mungkin ada dalam komputer untuk menjaga windows xp/vista agar tetap aman (lebih baik mencegah daripada memperbaiki). agar pekerjaan merawat dan menjaga menjadi mudah kamu bisa mengotomatiskan virus scan kamu, dengan mengotomatiskan virus scan maka setiap kamu membuka suatu file/program, virus scan tersebut secara otomatis mendeteksi apakah pada file/program tersebut terinfeksi virus atau tidak. Tapi cara ini memakan memory dan dapat memperlambat kerja windows (kecuali jika komputer mu terkoneksi ke internet maka cara ini adalah cara yang baik).
Cara lainnya matikan scan otomatisnya dan lakukan scan setiap kamu mengkoneksikan perangkat seperti flashdisk. Juga lakukan scan menyeluruh secara reguler tiap 1 bulan atau terserah kamu.
cara merawat komputer windows diatas bisa diterapkan untuk windows xp dan windows vista


MENGGUNAKAN SISTEM RESTORE

Komputer dengan sistem operasi Windows XP/vista mempunyai fitur yang disebut system restore (mengembalikan sistem) yang bisa kita gunakan untuk memperbaiki windows xp/vista atau mengembalikan komputer windows xp/vista ke kondisi sistem sebelum terjadi gangguan. Titik restore (Restore point) akan dibuat secara otomatis oleh windows xp/vista setiap kita:
-Menginstall/uninstall software yang sesuai dengan system restore API.
-mengupdate sistem operasi
-menginstall driver yang tidak dikenal oleh microsoft windows
-microsoft back-up itility dioperasikan
konfigurasi file yang disimpan dalam restore poin adalah :
1.Registry
2.File windows file protection
3.COM+Database
4.Windows management instrumentation database
5.IIS (internet information system) metabase
6.Local profile
7.File ekstension yang domonitoring pada daftar file ekstension dalam platform SDK system restore.
jadi begini contohnya, misal system restore membuat restore poin pada hari rabu,jam 12.00,12/04/2008, setelah beberapa hari komputer windows xp/vista kita mengalami suatu gangguan atau hang dll. nah kita bisa memperbaiki komputer/mengembalikan kondisi komputer tepat sebelum terjadi gangguan tersebut tepatnya pada hari rabu,jam 12.00,12/04/2008 dimana restore poin dibuat.

Coba kamu lihat restore poin komputermu, caranya :
1. START-all program-Accessories-System tools-System restore, dan muncullah :
klik next untuk melihat tanggal dibuatnya restore poin oleh windows xp/vista
disitu ada tanggal yang tertulis tebal kita bisa memperbaiki komputer windows xp/vista atau mengembalikan sistem komputer windows xp/vista persis dengan sistem windows pada tanggal tersebut.
2. Pilihlah “Restore my computer to an earlier time”
pilih tanggal restore poinnya lalu klik next. maka system windows akan memperbaiki/dikembalikan sesuai dengan konfigurasi pada tanggal tersebut.
selain dibuat otomtis oleh windows xp/vista Kita juga bisa membuat restore poin sendiri, caranya:
Tinggal pilih “Create a restore point” dan klik next.

MEMPERCEPAT SHUTDOWN

Pada saat kita shutdown windows xp/vista biasanya membutuhkan waktu yang agak lama. nah kita bisa mempercepat komputer windows xp/vista agar mempercepat waktu shutdown….
Cara mempercepat shutdown windows xp/vista ini dilakukan dengan mengubah setingan registry pada windows xp/vista :
1. Bukalah start → run → ketiklah regedit → oke
2. Muncul registry editor
3. Sebelumnya buat dulu back-up registry, caranya : klik ikon My computer → bukalah File → export → beri nama → tekan tombol save
4. Kalau sudah, ini caranya : HKEY_USER / S-1-5-21-682003330-2049760794-725345543-1003 / Control Panel / Desktop → cari tulisan AutoEndTasks → klik kanan → modify → value data diisi 1 → OK → cari tulisan HungAppTimeout → klik kanan → modify → value data diisi 100 → OK → cari tulisan WaitToKillAppTimeout → klik kanan → modify → value data diisi 1000 → OK
5. berikutnya HKEY_LOCAL_MACHINE / SYSTEM / Currentcontrolset → pada tulisan WaitToKillServiceTimeout → klik kanan → modify → value data diisi 1000 → OK
sekarang coba dites dan lihat hasilnya….MakNyuzzz
cara mempercepat shutdown komputer windows ini bisa diterapkan pada windows vista dan windows xp.
By jagadweb.wordpress.com
keyword: cara mempercepat shutdown windows xp/vista, cara mempercepat komputer windows xp/vista.


MEMPERCEPAT STARUP

saat kita menghidupkan komputer biasanya windows akan menjalankan beberapa program secara otomatis dimana ini memperlambat waktu untuk segera masuk ke windows, padahal tidak semua program yang dijalankan otomatis tersebut dibutuhkan buat kita…
salah satu cara untuk mempercepat komputer windows adalah dengan mengatur program2 yang berjalan otomatis tersebut. tapi ingat jika kamu mempunyai suatu program antivirus maka jangan kamu disabel program antivirus itu, kalau kamu disabel juga maka auto antivirus kamu nggak akan bekerja. jadi dipilih2 gitu bro mana program yang mau dijalankan secara otomatis mana yang mau dijalankan manual…..kalo saya sih saya disabel semua termasuk antivirus..tapi saran saya untuk antivirus biarkan tetap auto saja.
Cara ini dilakukan dengan men disable program yang dijalankan secara Auto pada saat start awal windows:
1. Bukalah start → run → ketiklah msconfig → oke
2. Muncul dialog System Configuration Utility → pilih tab startup → Disable all(kecuali antivirus)
3. Lalu klik pada tab service – pilih hide all microsoft service – disable all(kecuali antivirus)
4. Klik OK → restart
coba liat pasti startup komputer lebih cepat. di jamin :D




  
Belakangan ini virus jenis tersebut banyak menyerang usb flashdisk dan juga menyerang komputer. Setiap komputer yang kemasukan flashdisk yang sudah terinfeksi virus tersebut, akan secara otomatis terserang. Dan juga setiap flashdisk (yang belum ada virusnya) jika dimasukkan ke dalam komputer yang sudah terserang virus tersebut, juga pasti akan otomatis terserang virus copy of shortcut to.

 
Virus jenis ini sangat sukar untuk dibasmi, dengan antivirus yang sudah terkenal dan juga ter-update, tetap saja tidak mampu menghilangkan virus ini sampai tuntas.
Berikut ini cara membasminya :
  • Bersihkan dulu flashdisk yang terinfeksi, hapus file copy of shortcut to (1).ink, copy of shortcut to (2).ink, copy of shortcut to (3).ink, copy of shortcut to (4).ink serta folder RECYCLER,  jika anda memiliki sistem operasi linux, hapus saja pake linux, namun jika tidak memiliki linux anda juga bisa menghapusnya di windows, caranya seleksi semua file tersebut (ada 5 file), lalu tekan delete, kemudian langsung lepas flashdisk (kurang dari 3 detik). Sebab kalau lebih dari 3 detik, virus tersebut akan otomatis masuk lagi ke flashdisk. Setelah flashdisk bersih, saya sarankan jangan masukkan dulu flashdisk tadi sampai komputer benar-benar sudah clean dari virus.
  • Langkah selanjutnya, coba masuk ke folder program files, dan carilah folder microsoft di sana. Jika ada, bisa dipastikan akan ada file watermark.exe didalamnya, inilah induk virus yang sebenarnya, tapi folder ini belum bisa kita hapus karena masih dijalankan oleh system. Untuk menghapusnya, kita harus mematikan process nya dulu pada system.
  • Masuk ke task manager (tekan ctrl+alt+del) atau dengan klik kanan task bar, pilih start task manager.
  • Pilih tab Processes.
  • Kemudian matikan semua proses kecuali taskmanager.exe dan explorer.exe hanya yang dijalankan oleh username komputer kita (bukan system/administrator) ingat, hanya yang berjalan di username kita.
  • Setelah langkah diatas, kemudian masuklah ke program files dan coba hapus folder microsoft. Jika sudah dihapus kemudian restart komputer.
  • Coba lihat kembali folder microsoft di program files. Jika sudah tidak ada berarti komputer anda sudah tidak terkena virus copy of shortcut to.
  • Selamat mencoba.
SEMOGA BERMANFAAT

Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar