Rabu, 25 Januari 2012

Badai Matahari Tak Akan Ganggu Penggunaan Ponsel

Dampak ledakan badai matahari yang terjadi pada 23 Januari 2012 lalu, diprediksi akan sampai ke bumi pada Rabu (25/1/2012) malam ini.

Namun, dampak fenomena alam ini tidak akan sampai mengganggu apalagi membahayakan penggunaan telepon seluler seperti kabar yang ramai beredar via SMS maupun pesan BlackBerry.

"Dampak badai matahari akan sampai ke bumi sekitar pukul 23.00 WIB. Kejadian ini sebaiknya jangan disikapi terlalu berlebihan, karena bumi memiliki perlindungan seperti magnetosfer dan atmosfer yang melindungi dari radiasinya," kata Kepala Observatorium Bosscha Hakim L Malasan saat dihubungi INILAH.COM lewat telepon selulernya, Rabu (25/1/2012).

Hakim menuturkan, tidak ada dampak apapun jika warga keluar rumah pada pukul 23.00 WIB. Kemungkinan, yang akan terkena dampaknya adalah saluran komunikasi yang menggunakan gelombang radio. "Masyarakat yang menggunakan telepon tidak terganggu. Yang terganggu adalah terputusnya layanan komunikasi satelit,” ujarnya.

Badai matahari pertama yang tergolong cukup kuat, berupa ledakan flare berskala M8-9. Untuk ini ada yang menyebut M8,3 atau M8,7 atau M9. Ledakan terjadi pada 23 Januari 2012 pukul 03.59 UT atau 12.00 WIB.

"Berdasarkan pengamatan, pada 23 Januari lalu proses terjadinya ledakan. Sementara pada malam ini dampaknya diperkirakan akan sampai ke bumi," tegasnya.

Fenomena luar angkasa itu terjadi akibat siklus matahari setiap 11 tahun sekali. Dia menjelaskan, badai matahari itu pernah terjadi pada 2001 lalu.[jul]
Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar