Minggu, 29 Januari 2012

Djokovic Raih Juara di Final Terlama Australia Terbuka

Setelah perjuangan panjang selama lima jam 53 menit, petenis asal Serbia Novak Djokovik, berhasil mengalahkan rivalnya Rafael Nadal dalam pertarungan sengit final Australia Terbuka 2012 di Rod Laver Arena, Ahad (29/1) malam.

Pertandingan yang berlangsung sebanyak lima set ini berhasil diselesaikan Djokovic dengan poin 5-7, 6-4, 6-2, 7-5, dan 75. Pertandingan ini juga menjadi pertandingan terlama sepanjang sejarah 107 tahun Australia Terbuka.


Pada set pertama Djokovic mencetak poin pertama setelah melepaskan forehand yang tidak dapat dibalas oleh Nadal. Kemudian Nadal membalasnya dengan servis kuat. Poin menjadi 1-1. Persaingan sudah terlihat sejak set pertama saat keduanya berusaha berebut poin. Djokovic tertinggal oleh Nadal 2-4, ia berhasil memenangkan set pertama dengan poin akhir 5-7.

Seorang komentator, Anthony O'connell, tidak terkesan dengan permainan set pertama. Ia mengatakan, "Tidak seindah permainan antara Nadal dan Federer. Novak memukul bola dengan sangat datar, tidak seperti permainan Nadal," ujarnya.

Nadal memimpin set keempat dan berusaha menjatuhkan mental Djokovic. Saat poin set ketiga imbang 4-4, hujan deras disertai petir turun. Hal ini mengakibatkan pertandingan terpaksa dihentikan selama sekitar 10 menit. Selama istirahat, tampaknya Nadal berusaha mengembalikan stamina dan semangat juangnya. Hal ini ia buktikan dengan memenangkan set keempat 7-5 setelah Djokovic gagal mengambil servis keras yang dilakukan Nadal.

Set kelima tampaknya Nadal lebih banyak bermain pintar. Nadal melepaskan beberapa serangan Djokovic yang membuahkan poin untuknya. Pada set kelima ini Djokovic juga terlihat mulai kelelahan menghadapi serangan-serangan Nadal. Di setiap poin Nadal selalu berusaha memimpin pertandingan dan memperoleh poin lebih banyak.

Permainan menjadi imbang 5-5 dan semakin memanas. Baik Djokovic maupun Nadal terlihat semakin kelelahan. Namun kesempatan untuk menang mulai terlihat oleh Djokovic saat ia membalas serangan Nadal dengan sebuah servis keras yang tidak terbalas. 6-5 untuk Djokovic.

Gemuruh kemenangan terdengar ke seantero lapangan, baik di dalam maupun di luar saat Djokovic menciptakan poin kemenangannya di jam ke-5 menit ke-50. Setelah perjuangan yang sangat lama, Djokovic memenangkan Final Australia Terbuka 2012. Hadir dalam penyerahan trofi malam itu Rod Laver, legenda tenis yang namanya diabadikan untuk lapangan Australia Terbuka 2012.

Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar