Rabu, 25 Januari 2012

Efek Pelukan Bagi Kesehatan

Empat pasangan di London Inggris telah berhasil memecahkan rekor berpelukan terlama pada tanggal 20/01/2012. Tapi tahukah anda, Kalau ternyata berpelukan berdampak positif bagi kesehatan. Seperti, Memeluk seseorang yang anda sayangi sebanyak empat kali per hari bisa menjauhkan depresi.

Bahkan sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh Journal of Epidemiology and Community Health mengungkapkan fakta bahwa bayi yang baru lahir selalu diberi sentuhan, seperti pelukan, ciuman, belaian sebagai tanda kasih sayang dari orangtuanya tumbuh menjadi pribadi yang tak mudah stres.

Jadi tak perlu ragu lagi untuk mengungkapkan rasa sayang dan cinta yang anda rasakan pada anak, suami, istri, dan orangtua dengan pelukan atau sentuhan. Sebab memeluk, memegang tangan, atau mengusap kepala, terbukti membuat hidup seseorang lebih bahagia. Tapi bukan hanya itu saja manfaat berpelukan bagi kesehatan, Anda penasaran ?
Berikut beberapa dampak positif efek pelukan bagi kesehatan sebagai ungkapan rasa sayang dan cinta yang anda rasakan pada anak, suami, istri dan orang tua :

1.Memeluk seseorang yang anda sayangi sebanyak 8 kali sehari akan memberikan kestabilan mental yang lebih kokoh, dan 12 pelukan sehari akan membantu perkembangan psikologis seseorang.

2.Penelitian lain menyebutkan manfaat pelukan, di antaranya mengurangi stres, membantu pola tidur yang sehat, memberi semangat, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

3.Sentuhan dari orang yang kita sayangi akan meningkatkan jumlah hemoglobin di dalam darah. Suplai hemoglobin yang meningkat ini dipercaya secara ilmiah akan mempercepat proses penyembuhan setelah sakit.

Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar