Senin, 09 Januari 2012

Google Bikin Hardware Sendiri untuk Android?

Kabar mengejutkan kembali datang dari Google. Namun, berbeda dengan kabar-kabar yang biasa datang dari sang raksasa mesin pencari itu, yang biasanya terkait dengan software atau layanan terbaru mereka, kabar kali ini terkait dengan hardware.

Dikutip dari Android Invasion, Senin 9 Januari 2012, sejumlah sumber dari kalangan internal Google menyatakan bahwa mereka tengah mengembangkan prosesor khusus serta GPU (graphics processing unit) untuk digunakan pada perangkat berbasis Android.

Google tampaknya ingin menghadirkan keseragaman pada perangkat keras Android yang akan datang. Dan menurut seorang karyawan bagian programming Google yang menyebarkan informasi tersebut, kemungkinan prosesor buatan Google itu akan hadir di perangkat Nexus berikutnya.

Meski kabar bahwa Google terjun ke industri prosesor ini terdengar tiba-tiba, tampaknya langkah tersebut masuk akal dari perspektif Google. Mereka tentu ingin benar-benar mampu bersaing dengan perangkat kompetitor (seperti Apple iPhone) dengan membuat prosesor sendiri.

Seperti diketahui, saat ini, sejumlah produsen smartphone atau tablet Android menggunakan prosesor dan grafis yang berbeda satu sama lainnya. Sistem operasi Android sendiri mampu bekerja pada berbagai sistem hardware, mulai dari yang berkemampuan sangat baik, sampai yang kinerja pas-pasan.

Sayangnya, saat dikonfirmasi, Google belum bersedia memberikan keterangan. Namun, jika kabar ini benar, tampaknya Google sekali lagi telah mengambil langkah ke arah memperkuat platform mereka. (art)


Sumber : VIVAnews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar