Rabu, 04 Januari 2012

Hanif Sjahbandi Menonjol Sejak di Timnas U-13

Sebelum terbang ke Manchester United, Hanif Sjahbandi sempat memperkuat timnas Indonesia U-13. Tampil di kejuaraan sepakbola tingkat umur se-ASEAN, dia sudah tampil menonjol.

Hanif mengejutkan publik sepakbola tanah air setelah muncul foto-foto dirinya berlatih dalam seragam Manchester United di pusat pelatihan klub raksasa Inggris tersebut.

Nama Hanif ternyata tak asing di skuad U-13 PSSI. Setidaknya dia tampil membela panji-panji 'Merah Putih' saat berlaga di kejuaraan sepakbola tingkat umur di Sabah, Malaysia, pada Juni 2009 lalu.

Penampilan Hanif di ajang tersebut ternyata cukup membanggakan. Dia termasuk salah satu pemain terbaik kompetisi hasil pilihan AFF (ASEAN Football Federation).

"Tubuhnya kecil, tapi wawasan dan kepribadiannya baik, juga tekniknya. Di sana (Sabah) dia main sebagai center back, tapi dia bisa juga dipasang sebagai striker atau gelandang serang karena punya naluri yang tinggi. Dia juga punya kemampuan membaca permainan dengan baik," ungkap Yosef Tor Tuli, Direktur Media PSSI yang juga menjabat Project Officer dari timnas U-13 yang diberangkatkan ke Malaysia.

"Dia termasuk salah satu pemain terbaik hasil penilaian AFF, asosiasi sepakbola ASEAN, salah satu rekannya yang dari Papua juga masuk yang terbaik," lanjut Yosef dalam perbincangannya dengan detiksport, Selasa (2/2/2010).

Sementara soal keberangkatan Hanif ke Manchester dan kemudian berlatih bersama The Red Devils, Yosef mengaku tidak tahu. Yang jelas rencana tersebut sudah diutarakan orang tua Hanif sejak lama.

"Di Sabah saya sudah mendengar soal rencana tersebut, sudah lama mempersiapkan ke MU. Sejak kecil bapaknya sudah ambisi main di Eropa, karena fanatik dengan MU makanya dipilih MU."

"Rencananya akhir tahun lalu sudah mau test. Saya sendiri baru tahu kalau dia sekarang sudah di MU. Dia berangkat sendiri (tidak difasilitasi PSSI). Justru bagus kan makin banyak yang mandiri seperti itu," pungkas Yosef.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar