Senin, 09 Januari 2012

Sains & Teknologi iPad 3 Hadir Maret, iPad 4 di Oktober?

Apple berencana meluncurkan tablet komputer terbarunya yang memiliki fitur Retina Display yakni iPad 3 pada Maret tahun ini. Namun rumor terbaru, perusahaan buatan Steve Jobs dan Steve Wozniak itu juga akan menghadirkan ‘iPad 4’ pada Oktober mendatang.

Retina Display sendiri merupakan display seperti yang digunakan pada iPhone 4. Pada smartphone itu, layar selebar 3,5 inci yang digunakan memiliki kepadatan 326 piksel per inci atau dengan resolusi 960x640. Resolusi ini merupakan resolusi optimal yang mampu ditangkap oleh retina manusia, dan resolusi di atas itu tidak tampak lebih bagus di mata.

Kembali ke iPad, menurut sumber dari dalam jalur pemasok komponen Apple, iPad 4 akan memiliki ‘killer application’ dan akan hadir pula di 2012.

Dikutip dari DigiTimes, 9 Januari 2012, tablet komputer yang akan dirilis lebih dulu, yakni iPad 3, akan menggunakan layar QXGA dengan resolusi HD 1536x2048 piksel dan mendukung masa aktif baterai yang jauh lebih panjang.

Saat diluncurkan, Apple juga dilaporkan akan memangkas harga iPad 2 mereka menjadi US$399 saja (sekitar Rp3,6 juta).

iPad kedua, yang disebut-sebut sebagai iPad 4 oleh sumber tersebut, akan hadir di Oktober. Kemungkinan, ia muncul bersamaan dengan iPhone generasi terbaru. Seperti diketahui, Desember lalu, Boy Genius Report pernah melaporkan bahwa iPhone dengan casing aluminium akan hadir pada semester kedua 2012.

Saat ini, baru sedikit detail terkait iPad 4 yang akan hadir. Laporan yang muncul barulah bahwa tablet komputer itu akan menggunakan layar 9,7 inci lengkap dengan ‘spesifikasi hardware yang jauh lebih baik’ dan ‘lebih banyak aplikasi’ yang terintegrasi di dalamnya.

Meski DigiTimes telah mendapatkan sejumlah laporan bahwa Apple berencana menghadirkan dua seri iPad di 2012, namun sumber lain mengindikasikan bahwa yang disebut-sebut sebagai iPad 4 merupakan prototipe awal dari iPad yang akan hadir di 2013.

Selain itu, sumber tersebut juga menyatakan bahwa saat iPad 3 diluncurkan, Maret mendatang, mereka akan tetap memproduksi dan menjual satu model tablet iPad 2 mereka yang sudah ‘berumur’ namun di harga yang lebih rendah. (umi)


Sumber : VIVAnews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar