Jumat, 30 November 2012

Pengenalan Microsoft Excel

Microsoft Excel adalah program aplikasi lembar kerja under Windows. Microsoft Excel menggunakan istilah Workbook sebagai dokumennya dimana di dalamnya memuat beberapa lembar kerja yang dinamakan Worksheet. Setiap worksheet dapat diisi dengan data yang berbeda, misalnya sheet pertama diisi dengan laporan penjualan harian, sheet kedua untuk penempatan grafik dan seterusnya. Dengan Microsoft Excel anda akan mendapatkan kemudahan dalam menyelesaikan pekerjaan perhitungan, rekapiltulasi, sortir, pembuatan table, dan grafik.


Dibandingkan Excel sebelumnya, Microsoft mengeluarkan versi Excel 2007 ini sekitar 4 tahun setelah Excel 2003 dirilis. Excel 2007 hadir dengan berbagai inovasi dengan menambahkan berbagai fitur baru. Fitur baru tersebut antara lain adalah desain jendela atau antar muka ( interface ) Excel, jumlah kolom dan baris yang lebih banyak, format file baru, penulisan formula yang lebih mudah. Office Themes dan Excel Styles, pengurutan dan penyaringan data yang canggih, tampilan grafik yang lebih baik, PivotTable yang lebih mudah digunakan dan sebagainya.



ROW HEADING

Row heading atau kepalagaris ,adalah penunjuk lokasi baris pada lembar kerja yang aktif. Row Heading juga berfungsi sebagai salah satu bagian dari penunjuk sel. Jumlah baris yang di sediakan oleh Microsoft Excel adalah 65.536 ( excel 2003 )


COLUMN HEADING

Column Heading atau kepala kolom ,adalah penunjuk lokasi kolom pada lembar kerja yang aktif. Sama halnya dengan Row Heading, Column Heading juga berfungsi sebagai salah satu bagian dari penunjuk sel. Kolom di symbol dengan abjad A – Z dan gabungannya. Setelah kolom Z, kita akan menjumpai kolom AA, AB s/d AZ lalu kolom BA, BB s/d BZ begitu seterusnya sampai kolom terakhir yaitu IV ( berjumlah 256 kolom ).


CELL POINTER

Cell Pointer atau penunjuk sel, adalah penunjuk sel yang aktif. Sel adalah perpotongan antara kolom dengan baris. Sel diberi nama menurut posisi kolom dan garis. Contoh : sel A1, berarti perpotongan antara kolom A dengan garis 1


FORMULA BAR / FUNCTION BAR

Formula Bar, adalah tempat kita untuk mengetikkan rumus-rumus yang akan kita gunakan nantinya. Dalam Microsoft Excel pengetikkan rumus harus di awali dengan tanda “=”. Misalnya kita ingin menjumlahkan nilai yang terdapat padasel A1 dengan B1, maka pada formula bar dapat di ketikkan =A1+B1.


§  MENGGUNAKAN RUMUS ( FORMULA )

Operator matematika yang sering digunakan dalam rumus excel adalah :

+  :Penjumlahan

-  : Pengurangan

*  :Perkalian

/  :Pembagian

^  :Perpangkatan

%  :Persentase


Contoh memasukan rumus( perkalian ) :



 

Setiap penulisan rumus selalu diawali dengan tanda sama dengan ( = ), dan setelah siap memasukkan rumus harus menekan Enter.


Fungsi Sum

FungsiSum digunakan untuk melakukan penjumlahan sekumpulan data pada suatu range. Bentuk penulisannya := SUM(number1, number2, ……)

Contoh : = SUM(4,8,9) . Tekan Enter


Fungsi Product

FungsiProduct digunakan untuk melakukan perkalian sekumpulan data pada suatu range. Bentuk penulisannya :=PRODUCT(number1, number2,….)

Contoh : =PRODUCT(4,5,2) . Tekan Enter



Fungsi Max

FungsiMax digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari sekumpulan data (range). Bentuk penulisannya adalah :=MAX(number1,number2,……)

Contoh : =MAX(14,25,21) . Tekan Enter


Fungsi Min

FungsiMin digunakan untuk mencari nilai terendah dari sekumpulan data (range). Bentuk penulisannya adalah :=MIN(number1, number2,……)

Contoh : =MIN(40,5,2) . Tekan Enter


Fungsi Count

FungsiCount digunakan untuk menghitung jumlah data dari suatu range yang dipilih. Bentuk penulisannya adalah :=COUNT(value1, value2,…..)

Contoh : =COUNT(2,2,2,2,2,2,2) . TekanEnter


Fungsi Round

FungsiRound digunakan untuk membulatkan bilangan ke digit tertentu. Bentuk

penulisannya adalah : =ROUND(number,num_digits)

Contoh : =ROUND(123.4567,1) . Tekan Enter


FungsiSqrt

FungsiSqrt digunakan untuk menghasilkan suatu nilai akar kwadrat dari suatu bilangan.

Bentuk penulisannya adalah :=SQRT(number)

Contoh : =SQRT(9) . Tekan Enter


Fungsi Power

FungsiPower digunakan untuk menghasilkan suatu bilangan yang dipangkatkan.

Bentuk penulisannya adalah := Power(number,power)

Contoh : =POWER(6,2) . Tekan Enter


FungsiSumsq

FungsiSumsq digunakan untuk mempangkat dua kan angka dalam argument dan

memberikan jumlah dari pemangkatan. Bentuk penulisannya adalah :

=SUMSQ(number1,number2,…)

Contoh : =SUMSQ(3,4) 32 + 42 = 9 + 16 = 25


Fungsi Average

FungsiAverage digunakan untuk menghitung nilai-nilai rata-rata. Bentuk penulisannya

 adalah :=AVERAGE(number1, number2,…)

Contoh : =AVERAGE(10,5) . Tekan Enter


 

  •  FORMAT KARAKTER

LEFT ( Mengambil Karakter Kiri)

Left ini digunakan untuk mengambil karakter pada bagian sebelah kiri dari suatu teks. Bentuk umum penulisannya adalah=LEFT(text,num_chars).


MID ( Mengambil Karakter Tengah)

Mid ini digunakan untuk mengambil karakter pada bagian tengah dari suatu teks.

Bentuk penulisannya adalah : =MID(text,start_num,num_chars)



RIGHT (MengambilKarakterKanan)

Right ini digunakan untuk mengambil karakter pada bagian sebelah kanan dari suatu teks. Bentuk penulisannya adalah :=RIGHT(text,num_chars)





















DATA SORT (Mengurutkan Data)

Langkah mengurutkan suatu data adalah :

-      Blok seluruh data yang ingindiurutkan







- Pilih tab Data – klik icon Sort

-      Klik AZ untuk pengurutan Ascending (diurutkan berdasarkan dari kecil ke yang

besar)

-      Klik ZA untuk pengurutan Descending (diurutkan berdasarkan dari besar ke yang

kecil)

-      Ok


DATA FILTER (Menyaring Data)

Langkah menyaring suatu data adalah :

-      Blok seluruh data dalam table




- Pilih tab Data –Klik icon Filter

-      Untuk menghilang kan tanda klik kembali icon Filter




  • FUNGSI LOGIKA

Fungsi logika atau bersyarat memungkin kan kita menguji persyaratan dalam sel. Fungsi bersyarat ini adalah suatu kondisi atau =IF yang hasilnya bergantung pada benar atau salahnya pengujian. Fungsi Logika memerlukan operator perbandingan yaitu :

= (samadengan)

< (lebihkecildari)

> (lebihbesardari)

<= (lebihkecilsamadengan)

>= (lebihbesarsamadengan)

<> (tidaksamadengan)


1.     Fungsi IF Tunggal

=IF(A4>75,”LULUS”,”OLIMPIADE”)


Artinya jika nilai sel A4 lebih besar dari 75, maka dinyatakan “LULUS”,

sebaliknya jika nilai sel A4 kurang dari 75 maka dinyatakan “OLIMPIADE”.




12.  Fungsi If Majemuk

Contoh :

=IF(C4=”A”,”ISTIMEWA”,IF(C4=”B”,”BAIK”,IF(C4=”C”,”CUKUP”,”KURANG”)))

Artinya jika pada sel nilai nya A maka hasil nya “HADE”, jika pada sel

 nilainya B maka hasilnya “BUTUT”, jika pada sel nilainya C maka hasilnya

GORENG”, atau selain kondisi diatas maka akan menghasilkan nilai “GORENG PATUT”..



§  FUNGSI LOOKUP


-         VLOOKUP

FungsiVlookup ini digunakan untuk membaca tabel secara vertical (tegak). Bentuk penulisannya adalah :

=VLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index_num,[range_lookup])



 

Untuk mencari kolom lulusan, maka ketik rumus =Vlookup(C3,$G$6:$I$9,2)

Dimana C3 (kolom C baris 3) merupakan SelKode di dalam Tabel GajiKaryawan,kemudian data yang ada dalam TabelPerbandingan harus diblok/ditandai, agar data dapat terbaca di dalam Tabel Gaji Karyawan. Untuk memunculkan simbol dollar

ketika data diblok, tekanF4 di keyboard. Di ujung rumus ketik letak kolom lulusan

(kolom 2).

Untuk mencari kolom gaji ketik rumus =Vlookup(C3,$G$6:$I$9,3), maka caranya sama seperti diatas. Namun yang berbeda adalah diujung rumus, ketik letak kolom

gaji (kolom 3).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar