Kamis, 06 Maret 2014

Smartphone juga ada bahaya nya loh

Saat ini smartphone sudah menjadi gadget yang tidak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari. Namun tahukah Anda ada beberapa kebiasaan saat menggunakan smartphone yang ternyata dalam membahayakan hidup Anda?


Berikut 10 Bahaya Tersembunyi Dalam Hp Smartphone yang berasal dari kebiasaan menggunakan smartphone menurut infografik yang dilansir PhoneArena (3/2)



Bahaya tersembunyi smartphone. ©2014 CNN.com

1. Membiarkan smartphone tidak ter-password

Kebiasaan 62 persen pengguna smartphone ini menjadi salah satu hal sepele yang dapat membahayakan mereka sendiri. Tidak hanya sebatas ancaman terbajak sosial medianya oleh orang sekitar. Namun membiarkan smartphone dalam keadaan tak terpasang password dapat membuat seluruh data dan file di dalam smartphone Anda sangar berisiko dicuri orang lain.


2. Menyimpan password di smartphone

Bahaya kedua yang sering tidak disadari pengguna smartphone adalah dengan menyimpan password berbagai akun mereka dari akun sosial media hingga akun Bank dengan menu auto-saved di browser smartphone mereka. Hal ini tentu akan membuat pihak lain lebih mudah membobol akun-akun tersebut.


3. Mengirim foto bugil

Mengirim, mengambil, dan menyimpan foto bugil melalui perangkat smartphone juga berpeluang besar membahayakan hidup penggunanya.

Dari data tersebut tercatat jika 20 persen remaja mengambil dan mengirim foto bugil dirinya melalui perangkat smartphone. Dan 17 persen penerima foto tersebut berpeluang besar membagikan foto tersebut ke orang lain.


4. Klik Link sembarangan

Kebiasaan ke empat yang mungkin tidak disadari dapat membahayakan penggunanya adalah klik link sembarangan baik di inbox email maupun saat sedang berseluncur di dunia maya.

Diketahui, 4 persen kejahatan cyber bermula dari serangan phishing yang disebar melalui 156 juta email yang disebar tiap harinya.


5. Upload foto

Upload foto saat liburan atau berada di tempat publik tertentu dengan disertai hashtag atau kata kunci tertentu juga berisiko membahayakan diri penggunanya.

Saat ini, tidak sedikit copet yang memanfaatkan kata kunci atau hashtag tersebut untuk menentukan korban aksinya. Bahkan di luar negeri, tercatat 75 persen penjahat telah memanfaatkan hal tersebut untuk mendukung aksi dan mengincar korban.


6. Mengaktifkan Geo-location

Mengaktifkan geo-location baik di semua situs jejaring sosial juga membuat orang yang berniat jahat kepada Anda lebih mudah menemukan Anda hanya dengan mengamati akun sosial media yang Anda miliki.

Saat ini, tercatat hampir sekitar 500 juta foto yang disertai keterangan lokasi yang diunggah ke dunia maya setiap harinya.


7. Membagikan data ke orang asing

Membagikan data pribadi ke orang lain seperti alamat email dan nomor telepon ke orang asing yang baru dikenal juga berpotensi membahayakan Anda.

27 persen kejahatan cyber juga dilaporkan berasal dari pencurian data pribadi pengguna seperti nomor dan PIN rekening.


8. Membiarkan smartphone dalam kondisi telanjang

Membiarkan smartphone dalam kondisi telanjang tanpa dibalut casing tambahan juga membahayakan smartphone. Tanpa casing, smartphone berisiko akan gampang tergores dan tentu membutuhkan biaya lebih untuk memperbaikinya.


9. Sambungkan ke WiFi secara sembarangan

Saat ini ada sekitar 52 persen pengguna smartphone yang masih doyan menyambungkan smartphone mereka ke open networks seperti WiFi publik di taman, mall, atau tempat lainnya.

Menyambungkan perangkat smartphone ke WiFi terbuka di tempat umum yang tak terlindungi membuat smartphone lebih rentan terhadap pencurian data secara online.


10. Tidak gunakan Asuransi

Tidak mendaftarkan smartphone untuk mendapatkan asuransi juga akan membuat pengguna akan mengeluarkan biaya besar ketika smartphone rusak. Sebaiknya daftar smartphone Anda untuk mendapatkan asuransi, sehingga Anda tinggal melakukan klaim jika smartphone Anda rusak.

Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar